Tuesday, February 26, 2013

The Welcome Greeting

 
Pernahkah anda melakukan test terhadap sesama mitra kerja customer service anda?
Apakah anda pernah mengecek seberapa cepat anda mengucapkan salam kepada customer sambil mengucapkan nama perusahaan dan nama anda?  Pada saat akhir pembicaraan customer tidak ingat dengan siapa iya dilayani?

 Beberapa hal yang diperlukan dalam memberikan greet kepada customer.
1. Tersenyumlah dari hati.  Walaupun customer kita tidak melihat kita, suara tersenyum buatan dan tersenyum dari hati memiliki suara yang berbeda.
2. Berikan jedah (Pause), pada beberapa hal penting seperti nama anda dan nama perusahaan anda.
Lakukan latihan bersama mitra kerja anda, jika mitra kerja anda tidak dapat menangkap nama anda dengan jelas lakukan lagi. 
Contoh greeting : 
(Nama perusahaan) - Pause- dengan (Nama anda)  - Pause- . 
Ada yang bisa saya bantu?
3. Volume - Kencang, sedang, kecil?
4. Kejelasan - kata per kata atau kata-kata serpert ditelan
5. Pitch - Tinggi , sedang, rendah?

Lakukanlah ini dengan mitra kerja anda mintalah feedback mengenai bagaimana anda memberikan greetings.
Apakah anda terdengar antusias, terdengar penuh percaya diri, gunakan suara yang enak didengar (suara bulat), tidak terlalu cepat tidak terlalu tinggi (hindari suara deritan roda ketika rem mendadak :) )

Terlihat sangat sederhana hanyalah sebuah greeting.

Selalu ingat! "First impression last" dengan berhasil memberikan greeting yang benar anda sudah menyelesaikan setengah dari pelayanan anda. 

Anda sudah "setting the stage" .