Monday, April 1, 2013

Astra World Superb Service

Pada hari Jumat minggu lalu Coach Tatang dan saya  pergi menjemput tamu dari luar negeri yang sudah lama ingin bertemu dengan Coach Tatang .  Tapi sebelum kami mengantarkan sang tamu kita melakukan sedikit detour untuk makan siang terlebih dahulu.  Setelah selesai makan siang dan kita sudah siap untuk berangkat ternyata mobil tidak mau distarter.

Coach Tatang langsung menelpon Astra World untuk meminta bantuan karena sepertinya ada bau bensin yang cukup tajam di dekat mobil.  Sebetulnya kami cukup sangsi apakah ada orang pada hari itu.  Ternyata ada yang mengangkat dalam waktu setengah jam seorang montir datang dengan motornya untuk mengecek keadaan mobil.  Setelah meliihat yang terjadi sang montir menyarankan untuk dibawa ke bengkel dengan mobil derek Astra World yang sebentar lagi akan datang , dalam waktu setengah jam kemudia mobil derek astra datang bersama dua orang montir yang lain dengan membawa peralatan yang lebih lengkap.  Ketika mereka melihat kebocoran bensin , kecurigaan pertama mereka adalah di bawah jok belakang tempat pipa saluran bensin berada, setelah melakukan pembokaran dan membetulkan pipa tersebut.  Mobil langsung bisa distarter.  Montir dengan tenang menerangkan kejadian yang ada dan menyarankan untuk dibawa ke bengkel secepat mungkin karena bantuan yang dilakukan Astra World ini bersifat urgent agar mobil bisa jalan dan disarankan untuk melakukan pemeriksaan yang lebih mendetail.  Tetapi untuk sekarang bisa dibawa selama ditunggu beberapa saat karena aki-nya sudah tekor terlalu banyak dicoba starter sebelumnya.  Dan yang paling menariknya ketika diberikan uang jasa / tip , sang montir berkata pelayanan kami cuma-cuma pak sebagai tanda penolakan secara hormat.  Sungguh service yang sangat memuaskan, dari Astra World!  Enaknya punya mobil Toyota hehehhe....

Sebagai customer service trainer saya tentunya tidak sabar mengupas pengalaman ini satu per satu.
1. Availability - Ketika ditelpon pada hari jumat agung ada yang mengangkat dan tidak ada kesulitan atau nada sibuk.
2.  Speed - Dalam waktu 30 menit seorang montir datang (tim advance) dengan motor untuk mengecek apakah perlu diderek atau tidak.
3.  Decisive - Pengambilan keputusan langsung ditempat untuk membongkar jok mobil dan membenarkan disitu.
4.  Informative - Sang montir benar-benar mengerti apa yang dilakukan
5.  Calm - Sangat tenang dalam menjelaskan yang terjadi
6.  Free - Tidak menerima tip,  benar-benar membuat service menjadi over the top!
  
Terima kasih Astra World! 

No comments:

Post a Comment

Blog ini akan menjadi lebih baik berkat comment anda