Sebagai seorang customer service dituntut berbagai kemampuan
dari mampu mendengarkan, memberikan solusi, memikirkan risiko, menjaga
kesopanan, menggunakan emosi dengan tepat, upselling, mengenal customer dan
banyak lagi yang lainnya.
Sebelum semua itu bisa terjadi apakah yang harus dimiliki
seorang Customer Care?
Jawabnya adalah “Feel good” yup untuk dapat menularkan
perasaan nikmat seorang customer care harus mampu untuk menyenangkan dirinya
terlebih dahulu. Jika anda tidak
enjoy melayani customer anda bagaimana
perasaan tersebut menular ke orang lain.
Mengingatkan kita pada frekuensi dan resonansi yang kita
pelajari waktu SMP dulu, dimana satu gitar dipetik gitar yang lain akan ikut
berbunyi. Atau yang paling mudah jika
kita menguap “huaaaaamph” teman kita juga ikut menguap.
Jadi jika anda menginginkan perasaan menyenangkan kepada
pelanggan anda, sudahkah anda “feel good” terlebih dahulu. Lupakan semua ilmu komunikasi, pengetahuan
mengenai customer, pengetahuan mengenai produk “if you feel like cr** (forgive
the language)” karena customer anda akan tahu.
Tentu ada yang menjawab tapi kan situasi saya tidak mendukung
ini dan lain sebagainya, jadi gunakan feel cr** sebagai alarm untuk
bertindak. Jika perasaan dan pikiran
sudah tidak mendukung untuk feel good maka lakukan sesuatu dalam perkataan dan
perbuatan (kita bicarakan mengenai “how” di blog berikutnya) untuk sekarang
sadari bahwa “feeling good or cr** is a choice”
Semoga tips ini menjawab “the why” seorang customer care has
to feel good, first!
No comments:
Post a Comment
Blog ini akan menjadi lebih baik berkat comment anda