Tuesday, May 21, 2013

Feel Good First Before you Care


Sebagai seorang customer service dituntut berbagai kemampuan dari mampu mendengarkan, memberikan solusi, memikirkan risiko, menjaga kesopanan, menggunakan emosi dengan tepat, upselling, mengenal customer dan banyak lagi yang lainnya.

Sebelum semua itu bisa terjadi apakah yang harus dimiliki seorang Customer Care?
Jawabnya adalah “Feel good” yup untuk dapat menularkan perasaan nikmat seorang customer care harus mampu untuk menyenangkan dirinya terlebih dahulu.  Jika anda tidak enjoy  melayani customer anda bagaimana perasaan tersebut menular ke orang lain. 
Mengingatkan kita pada frekuensi dan resonansi yang kita pelajari waktu SMP dulu, dimana satu gitar dipetik gitar yang lain akan ikut berbunyi.  Atau yang paling mudah jika kita menguap “huaaaaamph” teman kita juga ikut menguap.

Jadi jika anda menginginkan perasaan menyenangkan kepada pelanggan anda, sudahkah anda “feel good” terlebih dahulu.  Lupakan semua ilmu komunikasi, pengetahuan mengenai customer, pengetahuan mengenai produk “if you feel like cr** (forgive the language)” karena customer anda akan tahu.

Tentu ada yang menjawab tapi kan situasi saya tidak mendukung ini dan lain sebagainya, jadi gunakan feel cr** sebagai alarm untuk bertindak.  Jika perasaan dan pikiran sudah tidak mendukung untuk feel good maka lakukan sesuatu dalam perkataan dan perbuatan (kita bicarakan mengenai “how” di blog berikutnya) untuk sekarang sadari bahwa “feeling good or cr** is a choice”

Semoga tips ini menjawab “the why” seorang customer care has to feel good, first!




No comments:

Post a Comment

Blog ini akan menjadi lebih baik berkat comment anda