Friday, March 8, 2013

Blacklisted Customer



Sebaik apapun dalam pelayanan kita selalu ada customer yang dengan terpaksa harus kita tolak untuk berbisnis lebih lanjut seperti.

1.  Memiliki value yang berbeda dengan perusahaan kita
2.  Melakukan claim terhadap hal yang tidak dilakukan perusahaan kita sebelumnya
3.  Bad payer, outstanding yang melebihi plafon berulang-ulang
4.  Menyalahgunakan jasa yang telah diberikan
5.  Memiliki credit history yang buruk
6.  Sedang mengalami kasus
7.  Pelanggaran-pelanggaran terhadap kebijaksanaan (policy) perusahaan

Ketika hal-hal tersebut di atas terjadi pentinglah untuk kita memiliki management information dimana setiap customer kita data dan kita golongkan antara yang tetap berbisnis dengan kita dan yang blacklisted. Untuk menghindari hal-hal yang kita tidak inginkan.

Untuk perusahaan kecil dapat menggunakan database access atau microsoft excel untuk menyimpan informasi tersebut untuk menghindari pelayanan yang nantinya memiliki potensial memakan waktu perusahaan terlalu banyak dan menghasilkan profit yang sedikit.